Selasa, Agustus 16, 2011

Google Membeli Saham Motorola Seharga $ 12.5 Miliar

Google Membeli Motorola - Google baru saja mengumumkan bahwa mereka mengambil alih Motorola Mobility. Google dikabarkan membeli perusahaan tersebut dengan harga $ 12500000000 (atau $ 40 per saham), secara tunai. Harga tersebut merupakan premi 63 persen dari harga penutupan saham Motorola Mobility Jumat lalu. Google memiliki sekitar $ 39 miliar dalam bentuk tunai pada hitungan terakhir.
Dengan membeli Motorola Mobility, akan memungkinkan Google untuk terus mengembangkan Android dan akan meningkatkan kompetisi dalam komputasi mobile. Motorola Mobility akan tetap menjadi lisensi Android dan Android akan tetap ada. Google akan mengelola perusahaan Motorola sebagai bisnis yang terpisah.


Dalam sebuah posting blog, Google co-founder dan CEO Larry Page menulis bahwa Google telah mengakuisisi Motorola tidak hanya karena kekuatan di Android smartphone dan perangkat, tetapi juga untuk menjadi "pemimpin pasar dalam perangkat rumah dan video bisnis solusi."

Ini juga merupakan langkah untuk membangun portofolio paten perusahaan, ia menambahkan, karena akan "memungkinkan kita untuk lebih melindungi Android dari ancaman anti-persaingan dari Microsoft, Apple dan perusahaan lain".

Menurut situs Motorola Mobilitas, perusahaan memegang sekitar 14.600 paten diberikan dan 6.700 aplikasi paten tertunda, seluruh dunia, per Januari 2011.

Beberapa tahun lalu, Motorola mempertaruhkan masa depannya di pasar perangkat mobile yang fokus pada Android, meluncurkan "Droid", awalnya pada jaringan Verizon, kemudian pada tanggal 6 November 2009. The "Droid X" dan "Droid 2" serta dilanjutkan pada tahun 2010.

Pertanyaan besar sekarang adalah: bagaimana HTC, LG, Samsung, Sony Ericsson, Acer, Lenovo dan Android lainnya pembuat perangkat menanggapi berita ini?

MOUNTAIN VIEW, California & Libertyville, Illinois - (KAWAT BISNIS)-Google Inc (NASDAQ: GOOG) dan Motorola Mobilitas Holdings, Inc (NYSE: MMI) hari ini mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian definitif di mana Google akan membeli Motorola untuk $ 40,00 per saham secara tunai, atau total sekitar $ 12500000000, premi sebesar 63% dari harga penutupan saham Motorola Mobility pada Jumat 12 Agustus, 2011. Transaksi dengan suara bulat disetujui oleh dewan direksi dari kedua perusahaan.

"Total komitmen Motorola Mobility untuk Android telah menciptakan kesepakatan alami untuk kedua perusahaan kami. Bersama, kita akan menciptakan pengalaman pengguna yang menakjubkan yang akan mengcover seluruh Android untuk kepentingan konsumen, mitra dan pengembang. Saya berharap semua menyambut Motorolan untuk keluarga kami Googler. "

Sanjay Jha, CEO Motorola Mobility, mengatakan, "Transaksi ini menawarkan nilai yang signifikan bagi pemegang saham Motorola Mobility dan menyediakan kesempatan baru yang menarik bagi karyawan, pelanggan, dan mitra di seluruh dunia. Kami telah berbagi kemitraan produktif dengan Google untuk memajukan platform Android, dan sekarang melalui kombinasi ini kita akan mampu berbuat lebih banyak untuk berinovasi dan memberikan solusi mobilitas yang luar biasa di seluruh perangkat mobile kami dan bisnis rumah. "

Andy Rubin, Senior Vice President Mobile di Google, mengatakan, "Kami berharap bahwa kombinasi ini akan memungkinkan kita untuk merintis jalan baru bagi ekosistem Android. Namun, visi kami untuk Android tidak berubah dan Google tetap tegas berkomitmen untuk Android sebagai sebuah platform terbuka dan komunitas sumber terbuka bersemangat. Kami akan terus bekerja sama dengan semua mitra bernilai kami Android untuk mengembangkan dan mendistribusikan inovatif Android perangkat bertenaga. "

Transaksi ini tergantung pada kondisi kebijakan saat ini, termasuk penerimaan persetujuan peraturan di Amerika Serikat, Uni Eropa dan yurisdiksi lainnya, dan persetujuan dari pemegang saham Motorola Mobility itu. Transaksi ini diharapkan tercapai pada akhir 2011 atau awal 2012.

0 comments:

Posting Komentar