Senin, Agustus 01, 2011

Tentang Motorola Q9h

Motorola Q9h lahir bulan September 2007. Mengusung misi sebagai ponsel pintar dari Motorola yang merupakan keluarga Q series, ponsel ini dibenamkan OS Windows Mobile Standard 6.0 sebagai otaknya. Di sini, saya akan berusaha memberikan review yg seobyektif mungkin tentang ponsel Motorola Q9h ini.



FISIK DAN KENAMPAKAN.

Dari segi fisik, ponsel ini mengambil bentuk tablet (qwerty candybar) dan dari sisi input karakter huruf, ponsel ini menggunakan tombol jenis qwerty yg sangat nyaman untuk digunakan dalam proses pengetikan pesan/dokumen. Bidannya yg lebar sangat cocok digunakan oleh user yg memiliki jari besar. Dari sisi tombol qwertynya, ponsel ini tidak perlu diragukan lagi, tombolnya sangat empuk dan responsif. Ponsel ini juga pernah dinobatkan sebagai ponsel qwerty dengan tombol ternyaman.
Jika kita lihat dari sisi lebar body ponsel, sebagian orang merasa bodyny terlalu lebar (67mm) tapi menurut saya pribadi, lebarnya cukup pas di tangan. Dan untuk ketebalannya, ponsel ini cukup tipis dengan ketebalan 11mm.
Ponsel ini memiliki layar 2.4" dengan resolusi 320x240 dengan kemampuan 65k warna. Layarnya terang dan jernih dan untuk mendukung tampilan layar, motorola membenamkan teknologi pintar bernama Ambient Light. Dengan fitur ini, Moto Q9h memiliki sensor cahaya yang akan menyesuaikan tingkat kecerahan layar dengan kondisi cahaya di luar secara otomatis. Sensor cahayanya terletak di samping earpiece dan kamera. Di sisi kanan terdapat tombol navigasi up & down plus tombol enter dan tombol kembali.

MUSIC DAN VIDEO

Hardware Motorola Q9h memiliki kemampuan yg baik dalam mengolah file audio dan video. Dengan dukungan Windows Media dan aplikasi lainnya seperti Core Player, sebagian besar format audio dan video bisa dimainkan di ponsel ini. Dan dengan mengedit registry di sisi audio, kalian juga akan mendapatkan bass yg akan lebih menggelegar. Plus ditambah dengan dukungan headset/earphone berkualitas, akan membuat suaranya makin powerfull dan bisa di adu dengan ponsel music lainnya. Ponsel ini menggunakan konektor micro usb, tapi kalian bisa menggunakan headset converter 3.5 mm jika ingin menggunakan earphone merek lain seperti Sony atau Philips. Dengan layar lebarnya, tentu akan membuat kalian semakin betah menonton file-file video kesayangan kalian.

KAMERA

Dari sisi kamera, Moto Q9h ditanamkan kamera digital bersensor CMOS dengan kemampuan 2 Mega Pixel dengan Flash. Lampu flash yg dimilikinya cukup membantu mengakomodasi kamera jika ingin mengambil gambar di malam hari. Kualitas fotonya biasa saja menurut saya. Tidak jelek, tapi juga tidak terlalu bagus. Tapi hal baik yang cukup membantu dalam proses pengambilan foto adalah kualitas sensor cahayanya membantu memberikan foto yang lebih terang tapi tidak exposure. Kalian juga bisa mengedit foto kalian dengan bantuan aplikasi foto manager.

DATA & KONEKSI

Untuk konektivitas, ponsel ini dilengkapi dengan Bluetooth v2.0 dengan A2DP, micro usb v2.0 dan High Speed Connection UMTS (3G dan HSDPA). Semua fungsi bisa berjalan dengan baik tanpa masalah. Selain itu, Moto Q9h juga mendukung layanan Blackberry Connect.

KELEBIHAN dan KEKURANGAN

Kelebihan Moto Q9h
- Menggunakan OS Windows Mobile yg upgradeable sehingga dapat dijejalkan aplikasi-aplikasi multimedia dan bisnis yang sangat membantu produktivitas hidup. Contohnya seperti Word dan Excel viewer dan Editor.
- Fitur pintar Ambient Light yang mengatur kecerahan layar secara otomatis yg disesuaikan dengan kondisi cahaya lingkungan sekitar sehingga mata lebih nyaman melihat dispaly ponsel.
- Smart Charging, adalah satu lagi fitur pintar Motorola yang ada di ponsel ini. Dengan fitur ini, kalian tidak perlu khawatir meninggalkan ponsel Q9h kalian dalam kondisi charging karena kelistrikan ke batre ponsel akan terputus otomatis jika sudah penuh. Sangat membantu untuk menjaga umur batre.
- Tombol qwerty yg sangat nyaman, baik untuk texting dan game.
- High Speed data Connection up to 3.6 Mbps (3G dan HSDPA)
- Swapable Memory, kalian tidak perlu mematikan ponsel jika ingin melepaskan kartu SD card kalian.
- Internal memory yg lega (96 MB, di WM 6.5 sekitar 130 MB)
- Layar tajam dan jernih.
- Fitur multitasking yang sangat baik.
- Adanya dukungan Blackberry Connect.

Kekurangan Moto Q9h

- Ukurannya agak besar menurut sebagian besar orang.
- Karena menggunakan OS Windows Mobile, jadi tidak ada bahasa Indonesia.
- Operasionalnya agak rumit untuk orang awam (sekali lagi karena OS Windows Mobile yg memiliki keliripan UI dengan PC/Laptop Windows)
- Aksesorisnya agak susah di cari, kecuali kalian terbiasa berbelanja online, baik di kaskus atau eBay.

(the end)


Originally Posted by virgabali

@kaskus

0 comments:

Posting Komentar